Upload Kompakan. Salurkan hobi, jalin silaturahmi

3/30/2016 01:15:00 PM


Assalamualaikum..


Di jaman sekarang, kita memang gak bisa lepas dari yang namanya social media yaa... Yang paling akrab dengan kehidupan sehari hari itu adalah Instagram, aplikasi berbagi foto yang hits banget sekarang ini. Saya sendiri menggunakan Instagram kalau gak salah sekitar tahun 2013. Waktu itu bingung mau upload foto apaaa... trus ini akun yang udah ada mau diapain yaaa... Kalau secara minat, Saya sendiri tertarik dengan fotografi tapi gak diseriusin sih. Masih yang suka suka aja..


Perkembangan yang begitu cepat, hingga sebagian besar orang wajib punya akun Instagram. Mulailah muncul akun akun yang "bertema" dan komunitas. Misalnya saja akun #OOTD yang hits membahas tentang fashion. Akun guyonan yang menghadirkan postingan meme. Ada juga akun yang memberikan pencerahan iman, motivasi, quote. Gak sedikit juga akun tentang fotografi. Dan masih banyak yang lainnya.

Seiring dengan berkembangnya akun akun di Instagram, sekitar tahun lalu (2015) saya ketemu dengan akun komunitas foto. Awalnya gak sengaja lihat postingan teman saya, waktu itu dia posting foto trus mention ke @uploadkompakan . Ah, saya jadi penasaran. Langsung follow deh akun @uploadkompakan. Nah setelah diapprove "follow request" saya, baru deh bisa kepoin UploadKompakan hehehe...


Ternyata ini akun untuk menyalurkan hobi foto kita. Setiap harinya ada tema yang diberikan oleh tim kompakan. Waaah seru banget kan, apalagi setelah saya lihat foto foto yang disetor tiap harinya itu keren keren semuaa... Pertama mau ikutan tuh rasanya minder karna fotonya bagus-bagus semua hahahaa. Misalnya ini, foto dengan tema "Jamur" :


pic : @uploadkompakan


Atau yang ini foto dengan tema "Packaging" :



hmm...saya kasi satu lagi nih, foto dari IG @uploadkompakan dengan tema "Sedotan"


Tuuuh keren keren banget kan :)

Ternyata UploadKompakan (UK) udah berjalan lebih dari 1 tahun. Penasaran dengan awal mula terciptanya gagasan ini, saya berkesempatan untuk berbincang dengan mba Aulia Sari (salah satu founder UK). Terbentuknya UK ini tergolong unik juga loh, diawali dari pertemanan antara Echi Sofwan dari Medan, Aulia Sari dari Samarinda, Vera Venga dari Muara Enim, Teti Muliati dari Bandung. Pertemanan mereka dimulai karna sama-sama sebagai pecinta barang pecah belah produk lokal sekitar 2 tahun lalu. Nah, karna mereka suka upload foto koleksinya ke Instagram, tercetuslah ide dari kak Echi Sofwan untuk membuat sebuah akun. Akun yang dibuat untuk mengumpulkan teman teman yang punya minat fotografi. Pada tanggal 9 September 2014 resmi terbentuk UploadKompakan. 

Tak disangka, peminatnya begitu banyak. Sampai saat ini, anggota UK sudah ada 48ribu lebih yang berada di Indonesia dan luar Indonesia seperti Qatar dan Eropa. Semakin hari, UK semakin berkembang. Melihat perkembangan anggota yang begitu cepat, akhirnya dibentuklah "Kompakers" setiap daerah. Kompakers sendiri adalah sebutan untuk anggota UK. Misalnya Kompakers Samarinda untuk anggota UK Samarinda atau Kompakers Depok untuk anggota UK yang berada di Depok, dan seterusnya. Sejak tahun 2014 sampai saat ini Kompakers sudah ada 40 Kompakers Indonesia dan luar negeri. Supaya koordinasi sesama Kompakers lebih mudah, setiap Kompakers punya "bulur alias bu lurah" sebutan untuk ketua Kompakers. Jadi, siapa saja yang ingin bergabung di Kompakers, bisa langsung menghubungi bulur di daerahnya.

Semakin banyak anggota, pastinya semakin menjalin pertemanan dan silaturahmi. Saya sendiri senang ikut UK ini karna jadi punya kenalan baru yang domisilinya dimana mana :)
Jadi banyak kenalan, banyak saudara, banyak cerita dan pengalaman yang bisa dibagi. Seru!!!

Buat yang mau ikutan, caranya gampang. Kamu harus follow akun Instagram @uploadkompakan yaa. Setelah diapprove, baru deh kamu bisa ikutan mengunggah foto sesuai tema. Tapi fotonya harus ikut aturan yang ada yaaa... 

Peraturannya antara lain : 
- Foto yang kamu upload harus hasil jepretan sendiri, tidak boleh tuh pakai foto orang lain dan ngaku ngaku jadi foto sendiri hehee. Disini namanya Kejujuran diandalkan :) 
- Foto yang diupload tidak boleh memperlihatkan anggota tubuh manapun selain jari tangan. No selfi selfi disini! 
- Foto tidak mengandung unsur pornography, tidak menyertakan hewan/boneka/rokok/miras.

Setiap malam, foto yang sudah masuk itu akan di-grid oleh tim UK. Grid ini bertujuan sebagai apresiasi kepada anggota yang sudah mengupload foto sesuai tema. Ini juga bisa memacu kita supaya bisa menghasilkan foto yang lebih menarik dan bagus lagi. Kalau beruntung, kita bisa juga ikutan foto challenge loh. Sudah ada 79 foto challenge yang diadakan oleh UploadKompakan. Seru kan, bisa menyalurkan hobi foto, dapat hadiah (kalau menang foto challenge hehee) dan dapat kenalan baru :)

Jadi, jangan sungkan ya untuk gabung menyalurkan hobi fotografi kamu bersama UploadKompakan. 



love, 
Minda Lubis

You Might Also Like

4 comments

  1. yang difoto biasa aja, tapi bisa bagus..dan jadi hal gak biasa..keren..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba,fotonya keren keren hihihiii
      ayo gabung mba :)

      Hapus
  2. Balasan
    1. Makasii Kak Echi... upload kompakan-nya jadi inspirasi buat nulis hehehee..
      Makasi udah mampir dan komen kak :)

      Hapus

Hi... Terima kasih sudah berkunjung ke blog ini. Mohon untuk tidak menggunakan seluruh artikel, foto dan video dalam blog ini tanpa izin. Silakan tinggalkan komentar kamu ya..

Enjoy the blog :)