Indahnya Masjid Terapung di Selat Melaka

4/07/2016 09:40:00 PM


Assalamualaikum,

Cantik yaa Masjid Selat Melaka ini.. Masjid Terapung atau yang lebih dikenal dengan nama "Malacca Strait Mosque" ini berada di Pulau melaka dan terletak di tepi Selat Melaka. Selat Melaka sendiri merupakan selat terpanjang di dunia.


Jadi ceritanya tahun 2015 yang lalu, saya liburan ke Malaysia tepatnya ke Malacca - Malaysia bersama adik saya. Sebelumnya saya memang sudah menyiapkan itinerary kunjungan selama di Melaka. Setelah googling tentang Malacca, saya tertarik dengan Masjid Terapung Selat Melaka. Waaaw, langsunglah cari info "how to get to there". Tapi sayangnya, tidak banyak info yang saya dapatkan mengenai Masjid Terapung ini. Tapi tetap penasaran dong yaa hahhaaa... Sampai akhirnya saya menemukan info city tour di Melaka namanya Melaka Duck Tours. Uniknya, Melaka Duck Tours ini menggunakan mobil amphibi. Mobil yang dipakai di darat dan laut. Waah, pasti bisa jalan jalan sampai laut juga nih. Dan waktu liat rute perjalanannya, Melaka Duck Tours melintasi Masjid Melaka. WOW WOW WOW Seru niih.. :))

Akhirnya, saya dan adik saya memutuskan untuk ikut tour pagi hari. Kira-kira sekitar jam 10 waktu setempat. Beli tiket dulu di loket Melaka Duck Tours yang berada di area Taming Sari. Harga tiketnya untuk dewasa RM 38 per orang. Wah, ternyata belum terlalu ramai, alhamdulillah jadi gak terlalu ngantri. Setelah beli tiket, kami menunggu di area tunggu yang tidak terlalu jauh dari loket. Sebenarnya Melaka Duck Tours memiliki beberapa mobil, tapi kelihatannya pada waktu itu hanya dipakai 1 mobil saja. Mungkin karena tidak terlalu banyak pengunjung yaa. Jadilah kami harus menunggu si mobil bebek kuning alias si "Quaker" datang :)

nah ini dia mobilnya datang... *horehore* :D
yuk mari naik dan duduk sesuai dengan nomer tempat duduk yang ada di karcis.


Perjalanan dimulai dari Taming Sari menuju ke Pulau Melaka melewati dataran Pahlawan. Selama perjalanan, kita akan dipandu dan diceritakan tentang sejarah-sejarah Melaka. Ah, saya lupa siapa nama Mister yang memandu waktu itu >.<

Perjalanan sudah memasuki pulau Melaka. Pulau Melaka ini adalah pulau buatan di kota Malaka, Malaysia. Pembuatan pulau ini melibatkan reklamasi dua pulau. Nantinya, pulau Melaka ini akan dikembangkan menjadi area pariwisata. Seperti wisata laut, theme park dan hotel. Dan Masjid Selat Melaka atau Malacca Strait Mosque ini menjadi objek wisata pertama di pulau Melaka. hmm, jadi wajar aja masih belum banyak yang mengetahui ini. Dan disini juga masih sepi, yang terlihat para pekerja proyek.

pulau melaka ( sumber : melakaducktours.com.my )
Nah, akhirnya terlihat juga Masjid Terapungnya... Kita menuju ke laut untuk melihat Masjid Terapung.. :D







Saya sempat merekam saat saat si Melaka Duck kembali naik ke darat dari laut.


Saya pikir, si Melaka Duck ini akan singgah sebentar di masjidnya. Etapi ternyata, hanya lewat aja. Yaaah pupus harapan untuk melihat lebih dekat lagi. Kita hanya bisa melihat Masjid dari laut saja. Walaupun hanya melihat dari jauh, tapi saya cukup senang. Senang bisa melihat bangunan cantik yang dibangun tahun 2009 ini. Semoga ada rejeki lagi bisa mampir kedalam Masjid. Aamiiin :)

Setelah sekitar 10 menit di laut, perjalanan dilanjutkan kembali untuk balik lagi ke Taming Sari. Perjalanan pulang ini rutenya sama dengan perjalanan pergi. Kembali lagi melewati dataran pahlawan sampai menuju Taming Sari.

Sebenarnya, ada beberapa alternatif menuju Malacca Strait Mosque (Masjid Terapung Selat Melaka) ini :

Pertama : pakai kendaraan bermotor (mobil, motor atau taxi).
Kalau ada mobil, motor atau taxi sih emang paling enak. Dan bisa puas-puasin untuk menikmati panorama di Pulau Melaka.

Kedua : naik sepeda
yaa naik sepeda. Kalau kamu menginap di sekitaran jalan Jonker, pasti akan menemukan banyak tempat yang menyediakan sepeda sewa. Kalau dari Jonker Street, Pulau Melaka ini bisa ditempuh kurang lebih 45 menit dengan bersepeda. Sekalian kamu bisa mampir-mampir sekedar menikmati pemandangan atau berfoto. Waw, pasti seru.. :)

Ketiga : jalan kaki
wahahaaa kalau pecinta jalan sih mungkin akan melakukan hal ini yaa... Kalau dari sekitaran jalan Jonker, mungkin bisa ditempuh sekitar 1,5 jam dengan berjalan santai.

Keempat : Melaka Duck Tour
Dengan city tour ini kalian bisa melihat Masjid Terapung dari laut. Sayangnya mobil ini gak mampir ke Masjid, jadi cuma sekedar melihat Masjid dari saja. Tapi sensasi "nyemplung" ke Selat Melaka dengan mobil amphibi ini akan jadi pengalaman seru :)

Okay, sekian dulu cerita saya tentang pengalaman melihat "Indahnya Masjid Terapung di Selat Melaka". Semoga bisa menambah refrensi jalan-jalan kamu yaa..


do not copy the photos without permission. Thank you :)


Salaam,
Minda Lubis

You Might Also Like

11 comments

  1. pas banget, aku lg nyari2 info tentang malaka juga...eh nemu postingan ini di BP :D

    makasih infonya..sukaaaa :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ehehee... sama sama mba, semoga bermanfaat yaa :)

      Hapus
  2. Diagendakan Biar balik lagi Min.....panoramax oke banget....

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiiin... mudah-mudahan murah rejeki bisa balik lagi ehehehe :D

      Hapus
  3. Bagus sekali yaah masjidnya, pengen bisa ke sana

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa bund, dari luar aja cantiknya MasyaAllah :)

      Hapus
  4. Bagus sekali yaah masjidnya, pengen bisa ke sana

    BalasHapus
  5. Wah indah sekali.. semoga bisa dikasih kesempatan main2 kesana ..


    https://elisamonic.wordpress.com/

    BalasHapus

Hi... Terima kasih sudah berkunjung ke blog ini. Mohon untuk tidak menggunakan seluruh artikel, foto dan video dalam blog ini tanpa izin. Silakan tinggalkan komentar kamu ya..

Enjoy the blog :)