Kaltim Fair 2016

4/12/2016 02:49:00 PM



Assalamualaikum,

Mulai tanggal 7 April 2016 sampai 13 April 2016 nanti digelar acara tahunan Kaltim Fair 2016 di Samarinda. Tempatnya di Samarinda Convention Hall dan lapangan parkir stadion Sempaja,Samarinda.
Saya dan suami sengaja datang ke acara tahunan yang diselenggarakan oleh pemrov Kaltim ini. Acara Kaltim Fair 2016 ini masih dalam rangkaian peringatan HUT Provinsi Kaltim ke-59 tahun.

Hari Minggu sore kami pilih untuk berkunjung kesana. Wah, padat sekali parkirannya. Banyak pengunjungnya, dan kebetulan sore itu ada perlombaan Drumband antar sekolah se-Kaltim. Jadi ramai banget.. 

Area pameran ini dibagi menjadi dua. Area food and fashion berada di area parkir stadion Sempaja. Terlihat ramai sekali booth makanan dan pakaian. Ada berbagai macam jualan disana. Mulai dari mainan anak, pakaian anak, pakaian dewasa dan aksesoris. Saya dan suami langsung mlimpir ke booth makanan. hehehee :))

Di area makanan ini disediakan tempat makan bersama yang berada di tengah-tengah lorong. Jadi, untuk yang mau langsung menyantap makanan, bisa langsung duduk di tempat yang sudah disediakan. Jangan lupa untuk buang sampah pada tempatnya yang sudah banyak disediakan di sekitar area pameran. 


  
Burger Lumer (BULU) by @burger_co 


Setelah berkeliling di area food & fashion, kami pun berjalan ke area exhibition. Untuk menuju ke area exhibition ini ada dua alternatif pintu masuk. Pertama bisa melalui pintu utama yang berada di halaman depan Samarinda Convention Hall. Atau bisa masuk dari area food & fashion ini. Kami pun berjalan masuk dari area food & fashion Kaltim Fair. Tahun ini adalah kali pertama event Kaltim Fair diselenggarakan di Samarinda Convention Hall. Samarinda Convention Hall sendiri baru saja rampung pembangunannya.

Begitu kami masuk ke dalam Samarinda Convention Hall, pertama terlihat bazaar buku. Buku yang ditawarkan kebanyakan buku anak-anak seperti buku cerita, buku pelajaran dan pengembangan bakat. Ada juga beberapa buku fiksi & non fiksi kategori umum.




Lanjut berjalan ke dalam, kita akan melihat stan "Pojok Nostalgia" oleh komunitas Jelajah Nusantara History of Samarinda. Nah, disini seru banget. Kita bisa melihat sejarah tentang Samarinda melalui pameran foto yang ada. Gak cuma foto, disini kita bisa bernostalgia dengan barang-barang jadul alias jaman dulu. Seperti kamera saku yang hits di jaman dulu yaitu tustel. Ada juga kumpulan kaset dari penyanyi kondang Indonesia di era 70an-90an. Yang kangen dengan mainan jaman dulu, disini juga ada mainan jadul seperti ketapel, enggrang, engklek, congklak. Waa seru banget disini, gak heran kalau stan ini ramai dikunjungi. Banyak yang nostalgia cieee :D


Puas bernostalgia, kami pun melanjutkan ke area wedding exhibition dan area pameran pembangunan. Disini banyak stan dari pemerintahan dan swasta. Sewaktu berkeliling, saya sempat mampir ke stan Kelompok Pengrajin "Pokaatn Takaaq" yang memamerkan hasil kerajinan khas Kaltim. Produk yang dihasilkan antara lain tas dari kain tenun, kain dengan hiasan sulam dan tas rotan dengan hiasan manik-manik. Untuk menghasilkan satu kain tenun dibutuhkan waktu kurang lebih 3 minggu. Dan ini dibuat secara manual dengan alat tenun bukan mesin. Jadi, jangan heran kalau harganya juga tidak murah. Dan kalau bisa jangan ditawar kebangetan kalau mau beli hahaa.. Karena proses pengerjaannya yang membutuhkan tenaga dan proses yang panjang :)





Oke, kurang lebih sekian dulu laporan jalan-jalan ke Kaltim Fair 2016 kali ini. Semoga tahun depan lebih banyak lagi peserta dan pengunjungnya. Sampai jumpa di Kaltim Fair 2017 :)


do not copy the photos without permission. Thank you :)

Salaam,
Minda Lubis

You Might Also Like

5 comments

  1. wah.. Kaltim fair ya mba. salam kenal mba. blogger tinggal di samarinda jgua ya mba. senangnya ketemu sesama blogger samarinda

    BalasHapus
    Balasan
    1. assalamualaikum mba tri..
      salam kenal yaa. iyaa saya juga seneng banget akhirnya bisa ketemu blogger di Samarinda. udah lama nyari bubuhan blogger disini :D
      makasi sudah mampir ya mbaa.. :*

      Hapus
  2. Kalau saya kesana, pasti ke stand buku trus kuliner, hehehe. Sayang jauh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hi mba ety..
      heheee iyaa stand buku sama makanan pasti jadi tujuan utama ya kalau lagi pameran.
      makasi udah mampir ya mba :)

      Hapus
  3. Burgernya @,@ pengen nget nih

    BalasHapus

Hi... Terima kasih sudah berkunjung ke blog ini. Mohon untuk tidak menggunakan seluruh artikel, foto dan video dalam blog ini tanpa izin. Silakan tinggalkan komentar kamu ya..

Enjoy the blog :)