My First Blog Competition

5/20/2016 10:59:00 PM


Halo...
Samarinda lagi cerah *laporan cuaca* hehehe...
Kali ini saya mau bercerita tentang pengalaman mengikuti lomba blog. Sedikit flash back dulu yaa...
Jadi, awal tahun 2016 ini saya mulai membulatkan tekad untuk aktif (lagi) ke dunia per-blog-an. Setelah blog-blog yang terdahulu sudah terbengkalai. Hahahaa *ampuuun*

Dengan niat bulat, saya mulai mencoba untuk menulis. Di postingan awal, saya coba untuk menulis kembali tulisan saya dari blog lama, dengan tambahan gambar dan cerita yang lebih detail. Hmm tak apalah untuk mengisi blog baru ini. Kemudian, setiap bulan saya mulai membuat jadwal tema apa saja yang ingin ditulis. Nah, disinilah terkadang kendala kepentok ide itu muncul. Kadang ingin nulis sesuatu tema, tapi mentok dengan bahan materinya. Yaah, problematika yang sering dihadapi para blogger pemula lah. Suatu hari saya coba untuk sharing dengan teman-teman bloggerperempuan di group facebook. Saya bertanya, bagaimana caranya supaya bisa terus update blog saat kepentok ide? Ada yang mengatakan untuk mencoba menuliskan kegiatan sehari-hari, bisa juga memberikan tips-tips yang bermanfaat sehari-hari. Atau mencoba untuk ikut lomba menulis/blog competition.

"Hmm...ikut lomba?
Umur blog masih belum ada 3 bulan nih (waktu itu). Belum PeDe sih sebenarnya untuk ikutan lomba blog. Tapi bolehlah dicoba..."

Saya pun langsung semangat nih mencari info lomba menulis. Wah ternyata ada banyak sekali macam lomba blog. Temanya pun bervariasi. Hadiahnya juga menarik. Tapi kok ya masih belum ketemu dengan yang klik ya? Atau sebenarnya rasa percaya diri saya yang belum ada?

Angin pun membawa saya... *halah jadi berpuisi* :))
Suatu hari di bulan Maret 2016 yang lalu, saya lihat ada info blog competition yang diadakan oleh ETU. ETU merupaka brand fashion muslimah Indonesia yang akan tampil di salah satu acara fashion bergengsi di Australia, Virgin Australia Melbourne Fashion Festival 2016. Topik dari lomba ini adalah bagaimana brand Indonesia menghadapi persaingan di pasar global. Wah, ini dia lombanya pas sekali dengan minat saya. Akhirnya dipenghujung deadline lomba, saya menyelesaikan tulisan lomba pertama saya. Silakan cek ETU X WARDAH for Virgin Australia Melbourne Fashion Festival 2016 yaa untuk lengkapnya.

26 Maret 2016 adalah hari pengumuman pemenang lomba blog ETU. Deg deg deg....Waah, surprise sekali ternyata saya masuk ke dalam 5 besar finalist. Alhamdulillah.... :)


Tahap selanjutnya adalah sesi wawancara dengan Restu Anggraini (desainer ETU) dan team ETU. Kelima finalist ini berasal dari berbagai daerah. Dari Jakarta, Bandung, Padang dan saya dari Samarinda. Bagi finalist yang dari Jakarta & Bandung, mereka menjalani sesi wawancara langsung bertemu dengan Restu dan team di Jakarta. Sedangkan yang di luar Jakarta, melakukan sesi wawancara dengan skype meeting. Setelah beberapa kali reschedule skype meeting dikarenakan Restu pada saat itu sedang sakit demam berdarah dan sedang dalam perawatan di rumah sakit. Akhirnya, tanggal 10 April 2016 saya menjalani skype meeting dengan mas Rahmat. Mas Rahmat adalah suami dari Restu Anggraini dan menjabat sebagai ETU Business Development Head. Senang sekali bisa mendapat kesempatan untuk membahas tentang bagaimana industri modest wear Indonesia menghadapi persaingan global. Karena industi modest wear mengalami kemajuan pesat di pasar global. Brand-brand dunia pun sudah mulai merambah bisnis ini. Nah, inilah yang menjadi PR besar bagi para pelaku bisnis busana muslim di Indonesia. Menghadapi persaingan ketat dengan brand luar di dalam negeri saja menjadi tantangan khusus. Apalagi untuk menghadapi persaingan di pasar Internasional. Melihat fenomena ini, sebagai konsumen Indonesia sudah sepatutnya kita mendukung produk lokal. Lebih mengutamakan untuk memakai hasil karya anak bangsa. Agar mereka tetap bisa berkarya dan membawa karyanya kekancah Internasional. Siapa lagi yang bangga kalau bukan kita warga Indonesia :)

Selang beberapa hari, tanggal 19 April 2016. Tibalah hari pengumuman pemenang. Dan pemenangnya adalaaahhh......*drumroll*
Selamat untuk Dina Marcelina yang memenangkan lomba blog ETU!!!


Mungkin kali ini belum rejeki saya menjadi pemenang. Tapi tak apa, menjadi finalist merupakan suatu pengalaman yang menyenangkan buat saya pribadi. Saya belajar banyak dari pengalaman pertama mengikuti lomba blog. Menjadi lebih belajar lagi tentang bagaimana menulis yang baik untuk lomba. Belajar mengembangkan ide tulisan sesuai tema. Dan yang penting belajar legowo untuk menerima hasil lomba. Karena yang terpenting adalah proses bagaimana kita menghasilkan tulisan yang baik dan bermanfaat :)

Oiya, jadi ingat beberapa hari yang lalu di twitter Blogger Perempuan sempat membahas Tips  Menang Lomba Blog ala Evrina Budiastuti. Evrina ini seorang blogger yang sudah sering memenangkan lomba blog. Gak tanggung-tanggung, doi pernah ke Beijing dari menang lomba. Aku juga mau ya Allah *aamiiin* :D
Tips dari Evrina :
- Buatlah judul yang unik dan menarik sehingga orang penasaran untuk membacanya
- Sesuaikan konten dengan kriteria lomba. 
- Yang paling penting nih, baca syarat dan ketentuan penilaian dengan teliti.

Wah boleh dicoba tuh tips diatas. Saya juga punya sedikit tips, pilih lomba blog yang sesuai dengan minat dan tema blog kita.

So... Apakah kamu berminat ikut blog competition? Atau punya pengalaman ikut blog competition? Share di comment yaa ;)

Sebagai penutup, ini dia hadiah dari lomba blog ETU yang saya terima. Sekali lagi terimakasih kepada ETU, Wardah dan Shotistic untuk hadiah-hadiah cantiknyaa... Semoga sukses selalu!!

Shawl from RA | pic by IG @mindalubis
Exclusive Matte Lip Cream from Wardah | pic by IG @mindalubis
Sandal from Shotistic | pic by IG @mindalubis


Terima kasih untuk tidak menggunakan tulisan dan foto di blog ini tanpa izin.
                                                   
Salaam,
Minda Lubis

You Might Also Like

4 comments

  1. Menarik...! Pastinya pengalaman yang menyenangkan untuk bisa lolos sebagai finalis dalam lomba sekaliber ini. Semangat terus yaa, mbak Minda... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi mba Diah, Terima kasih banyak untuk semangatnyaa... :)
      makasi sudah mampir ya mba, selamat berpuasa :)

      Delete
  2. kerenn.... udah masuk finalis aja keren banget siss... bagi tips-tips lebih detail lagi dong, biar bisa ikutan lomba-lomba blog juga... heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Ita... terima kasih yaa sudah berkunjung. Saya juga sebenarnya masih belajar banyak dari yang lebih sering menang lomba blog. hahhaa. Pokoknya harus berani nyoba ikut lomba, sama blog walking ke blog2 yang sering ikutan/menang lomba. dab rajin nulis biar makin terasah tulisannya. hehehehe kira-kira begitulah :D

      Delete

Hi... Terima kasih sudah berkunjung ke blog ini. Mohon untuk tidak menggunakan seluruh artikel, foto dan video dalam blog ini tanpa izin. Silakan tinggalkan komentar kamu ya..

Enjoy the blog :)