Bagaimana Cara Mengontrol Diri dari Lapar Mata

7/29/2016 08:40:00 AM



Menu makanan semakin lama semakin bervariasi, kreatif dan menggiurkan. Ditunjang oleh foto-foto yang apik yang menambah rasa ingin melahap semuanya. Didukung lagi dengan canggihnya teknologi yang memudahkan kita untuk mendapatkan semua makanan hanya melalui klik dan order. Kemudian duduk manis, menanti kurir mengantar pesanan. Aduuh ini sih semakin menjadi godaan berat untuk orang yang gampang lapar mata seperti saya :))


Lapar mata ini seperti masalah klasik yang selalu berputar-putar. Biasanya sih selalu ada "kalimat pembenaran" ketika kita ingin menyantap sesuatu yang (sebenarnya) sedang tidak dibutuhkan oleh tubuh atau bahkan sesuatu yang tidak baik untuk kesehatan. Kalimat seperti "Martabak manis enak nih, beli ah besok kan mau olah raga". "Hmmm nyicip red velvet dikit aja deh, dietnya mulai besok" (dikitnya sih 2 slice,hahaha). Hal seperti itulah yang membuat seseorang gagal diet.

Ternyata oh ternyata, yang namanya lapar mata ini gak boleh disepelekan loh. Karena lebih jauh lagi jika lapar mata selalu dituruti, akan menyebabkan obesitas. Yang mana kita tahu bahwa obesitas akan gampang memicu munculnya penyakit dalam tubuh. Hipertensi, asam urat, diabetes, kanker, kolesterol adalah beberapa contoh penyakit yang disebabkan oleh obesitas atau kegemukan. Disamping itu, tekanan psikis dari obesitas (kegemukan) juga akan muncul. Seperti semakin menurunnya rasa percaya diri seseorang.

Oke, lapar mata bukan masalah yang sepele. Lalu bagaimana cara kita untuk mengontrol diri dari yang namanya lapar mata ini? Mari kita kupas lebih lanjut lagi..

***

Dalam acara Healthy Talkshow yang diadakan oleh lightHOUSE pada 24 Mei 2016 membahas mengenai program penurunan berat badan komprehensif. Ini merupakan solusi bagi seseorang yang punya masalah komitmen dalam berdiet. Kita sadar betul bahwa dalam melakukan program diet itu sangat dibutuhkan komitmen yang kuat. Tetapi jika kita menjalankan diet sendiri, besar kemungkinan terjadi gagal diet. Maka dari itu kita memerlukan pertolongan pihak lain agar diet yang dijalan sesuai dengan kebutuhan kita dan semakin kuat dalam komitmen menurunkan berat badan.

lightHOUSE Indonesia adalah klinik yang membantu klien dengan masalah kelebihan lemak dan nafsu makan tak terkontrol, untuk mencapai berat ideal dan meningkatkan kontrol diri. Di klinik lightHOUSE menggunakan program penurunan berat badan paling komprehensif dengan panduan dari psikolog, ahli gizi, dokter, dokter spesialis gizi, spesialis olahraga, psikiater dan perawat yang siap membantu program penurunan berat badan. lightHOUSE juga sudah berpengalaman lebih dari 10 tahun dan menangani lebih dari 26.000 pasien yang memiliki masalah dalam berdiet. Jadi sudah sangat bisa dipercaya dan diandalkan.

Lebih lanjut lagi dalam seminar tersebut Psikolog Tara de Thouars, B.A, M.Psi membawakan materi berjudul "Cara Meningkatkan Kontrol Diri Agar Tidak Lapar Mata". Belajar untuk mengontrol diri merupakan faktor penentu sukses tidaknya berdiet. Maka dari itu, bukan hanya perlu memperhatikan asupan gizi saja tapi diperlukan juga bimbingan psikolog dalam menyukseskan program penurunan berat badan. 

"Turun berat tanpa kontrol diri akan berakibat diet yoyo. Perubahan jangka panjang untuk diet yang berhasil harus dengan menguatkan kontrol diri" - Psikolog Tara de Thouars, B.A, M.Psi 


KONTROL DIRI adalah kemampuan seseorang untuk dapat mengendalikan dorongan (impuls). keinginan, emosi atau hastrat tertentu yang kurang tepat untuk diri sendiri ataupun untuk mencapai tujuan yang lebih baik. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi sulitnya mengontrol diri dari lapar mata. Faktor lingkungan yang dengan mudahnya kita melihat suguhan yang menggiurkan sehingga sulit untuk menahan lapar mata. Faktor alam bawah sadar dimana hasrat yang sulit dikendalikan ketika menginginkan sesuatu makanan/minuman, dan diperparah ketika hasrat itu hadir di waktu yang tidak tepat. Faktor personality, di mana komitmen diri sendirilah yang menjadi penentu kontrol diri. Kemudian ada pula faktor kebiasaan, tubuh sudah terbiasa dengan pola hidup yang kurang sehat.

Apa Ciri - Ciri Lapar Mata?
Lapar mata adalah lapar emosional yang bisa disebabkan oleh perasaan bosan atau frustasi. Kita bisa mengenali ciri-ciri dari lapar mata antara lain : datangnya tiba-tiba setelah melihat makanan yang menarik, dirasakan di hati bukan perut, hanya menginginkan jenis makanan tertententu saja, sulit untuk terpenuhi dengan makanan lain.

Bagaimana Cara Mengontrol Diri dari Lapar Mata?

- Hindari Reaktif : Misalkan pikiran atau emosi kita tertuju pada sesuatu yang ingin disantap. Nah, sebelum menyantap harus kita pikirkan baik/buruknya untuk kesehatan. Melawan pikiran atau emosi tersebut dengan cara mengalihkan pikiran kita dengan yang lain. Atau melakukan kegiatan yang dapat mengalihkan pikiran tersebut.

- Dengarkan Sinyal Tubuh : Perut keroncongan? itu adalah sinyal dari tubuh kepada kita bahwa "ia" harus "diisi". Makanlah saat merasa lapar dan berhentilah saat merasa kenyang. Jangan sampai kelaparan apalagi kekenyangan. Ingat komposisi 1/3 makanan, 1/3 air dan 1/3 udara saat sedang makan.

- Menentukan Rasio : Memilih mana yang tepat untuk diri sendiri. Utamakan makanan prioritas yang harus dikonsumsi terlebih dahulu. Bila sudah merasa kenyang, maka nafsu makan dan lapar mata kita tidak selalu harus dituruti karena kita berpikir mengenai apa yang terbaik untuk diri sendir.

- Relaksasi : Teknik yang digunakan untuk menghilangkan berbagai bentuk pikiran yang kacau akibat seseorang tidak dapat mengendalikan ego. Misalkan pada saat kita sedang diet, lalu muncul makanan favorit entah itu di pikiran atau di depan mata kita. Dalam sekejap saja nafsu ingin makan akan menggebu-gebu dan terpicu untuk menyantapnya. Untuk melawan hal ini perlu relaksasi sebelum makan agar lebih tenang dan makan seperlunya saja.

Bagi sebagian orang, mungkin sudah terbiasa dengan pola makan yang berantakan. Ditambah lagi sulitnya mengontrol diri dari lapar mata. Di atas tadi sudah kita bahas mengenai cara mengontrol diri dari lapar mata. lightHOUSE juga punya tips agar kita tetap bisa menjaga pola makan agar tubuh tidak gampang gemuk.



1. Makan dengan mendengarkan sinyal perut. Makan saat lapar dan berhenti saat kenyang.
2. Pantang gula, tepung dan minyak. Karena jika kelebihan gula akan diubah menjadi lemak oleh tubuh. Kemudian tepung memiliki jumlah kalori yang tinggi. Hindari pula penggunaan minyak secara berlebihan.

3. Bebas makan satu kali dalam satu hari. Walaupun dibebaskan untuk makan, tetapi tetap pilih makanan yang mengandung rendah kalori untuk tubuh.

4. Pilih makanan yang terbaik mulai dari karbohidrat, protein hingga zat gizi.

5. Utamakan protein atau lauk saat makan. Protein memiliki faktor pengenyang. Jangan hilangkan protein dari daftar menu diet karena jika menghilangkan protein seperti gluten, justru berujung pada risiko gangguan usus halus (celiac disease)


***

Gimana? Sudah yakin untuk menjalankan komitmen kontrol diri dalam berdiet? Kalau masih kesulitan juga dalam menjalankannya, lightHOUSE akan membantu kita untuk menjalankan diet seperti sedang tidak berdiet. Berikut ini program-program terapi penunjang dalam berdiet yang ditawarkan oleh lightHOUSE.



Untuk lebih jelas lagi mengenai program dari lightHOUSE atau mau konsultasi dengan ahlinya silakan datang ke 6 klinik yang ada di Jabodetabek yakni di Kebayoran, Cilandak, Thamrin, Sudirman, BSD City dan Kelapa Gading. Buat yang berada diluar Jabodetabek, silakan cek website lightHOUSE. Follow juga Instagram @lightHOUSE_Indonesia karena banyak sekali info tentang kesehatan yang sangat berguna untuk kita.

Semoga bermanfaat yaa... Tetap kontrol diri dari lapar mata :D
Keep Healthy!

sumber : http://www.lighthouse-indonesia.com/ | IG @lightHOUSE_Indonesia

Salaam,
Minda Lubis

You Might Also Like

6 comments

  1. Setuju mba Mindaa.. semenjak mama saya meninggal karena cancer jadi lebih concern tentang makanan, harus ngurangin junkfood, perbanyak makanan makanan "sehat" yang kebanyakan kurang enak rasanya :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mba Inka, mulai menahan lapar mata disaat godaan makanan semakin enak-enak hahaha :)))

      Hapus
  2. Saya tertarik ingin mencoba teknik relaksasinya,mudah -mudah bisa berhasil. Salam kenal ya mba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat mencoba mba Lily... Salam kenal juga :)

      Hapus
  3. waah bagus nih mba, jadi pengen nyoba deh. makasih yaa mbaaa

    BalasHapus

Hi... Terima kasih sudah berkunjung ke blog ini. Mohon untuk tidak menggunakan seluruh artikel, foto dan video dalam blog ini tanpa izin. Silakan tinggalkan komentar kamu ya..

Enjoy the blog :)