Cerita Kehamilan Pertama

7/27/2017 10:20:00 AM


Tepatnya saat waktu sahur puasa ramadan ke 23, 17 Juni 2017. Kali pertama tes pack saya menunjukan hasil 2 garis! Alhamdulillah... tepat saat pernikahan kami masuk di usia 1 tahun 9 bulan.

Gemetar rasanya, terharu jelas! 
MasyaAllah.... Alhamdulillah...

Siang harinya, saya dan suami pun langsung periksa ke dokter kandungan.

***

Diduga Kehamilan Ektopik (Hamil di Luar Kandungan)

Setelah menunggu antrian, tibalah giliran saya dan suami masuk ruangan dokter. Kami disambut sangat ramah oleh pak dokter...

"Waaah ini pasti lagi senang-senangnya ya bu..."
"Alhamdulillah dok..." 
"Ibu yakin ibu hamil?"
"Yakin dok, InsyaAllah..."
"Yuk periksa, silakan naik (ke tempat tidur periksa) bu..."

Mulailah saya di-usg. Tapi kata dokter....

"Ops, something wrong..."
Wajahnya agak panik, saya berusaha untuk tetap tenang dan bertanya apa yang salah.

"Ini banyak cairan di luar rahim dan saya belum lihat ada kantung janin bu. Saya takut ini kehamilan di luar kandungan. Oke, sebelum lebaran ibu balik lagi ya. Kita cek apakah sudah ada kantung janin atau belum. Kalau belum, harus diambil tindakan operasi" jelas dokter.

Kalau dihitung dari hari pertama menstruasi terakhir saya, hari itu sudah masuk minggu ketujuh. Yang mana biasanya kantung janin sudah mulai terlihat dari minggu keenam. Tapi memang ada kemungkinan kantung janin baru terlihat di minggu kedelapan - kesepuluh kehamilan. Tapi karena banyak cairan di luar rahim dan kantung janin belum terlihat, dokter menduga bisa terjadi kehamilan di luar kandungan. Tidak ada cara lain selain tindakan operasi.

Saya juga sempat bertanya, bagaimana agar mengurangi cairan yang ada itu? Apakah ada makanan atau minuman yang harus saya konsumsi atau hindari? Kata dokter, tidak ada. Hanya harus banyak istirahat (bed rest).

Saat itu dokter tidak memberikan obat apa-apa. Cuma pesannya, kalau perut bagian bawah dirasa nyeri dan sakit seperti saat PMS, harus langsung dibawa ke rumah sakit. Dan perbanyak istirahat dulu sampai minggu depan kontrol kembali.

Keluar ruangan dokter, saya dan suami berusaha tetap tenang. Kami serahkan semua kembali ke Allah.

USG pertama, kantung janin belum terlihat.


***
Kontrol Pertama ke Dokter Kandungan

Menunggu 6 hari setelah cek pertama rasanya kok lamaa gitu hahaha....😄. Akhirnya, tanggal 23 Juni 2017 saya dan suami kembali ke dokter kandungan untuk kontrol. Kami berdua mencoba untuk pasrah dengan apa pun hasilnya nanti. Setelah menunggu kurang lebih satu jam, tibalah giliran kami yang dipanggil kebetulan kami daftar urutan pertama.

Saya pun langsung di-usg oleh dokter. Dan Alhamdulillah, kantung janin sudah mulai terlihat. Masya Allah....



Kami lega sekali. Hal yang diduga kehamilan ektopik itu tidak terjadi. Dokter pun terlihat lega dengan hasilnya. Alhamdulillah.... 😂

Jadi ternyata memang kantung janin belum terbentuk. Kemungkinan memang ada salah hitung usia kandungannya jadinya kantung janin belum terlihat. Waktu itu diprediksi sudah memasuki usia 8 minggu (kalau dihitung dari Hari Pertama Haid Terakhir) ternyata hitungannya mundur 2 minggu.

***
Oh... Ini Rasanya Trimester Pertama

Seperti ibu hamil pada umumnya. Saya pun merasakan mabok, mual dan muntah pada trimester pertama ini. Terutama saat masuk usia kandungan 7 minggu. Ini masih berlangsung juga sampai sekarang hehehe. Jadi bawaannya pengen rebahan terus karena sering datang mual secara tiba-tiba. Makanan yang masuk juga tidak bisa banyak. Tapi harus dipaksa biar gak lemes banget.

Mungkin sebagian besar bumil akan merasakan morning sickness di pagi hari. Tapi berbalik dengan saya, justru mual itu datang pada saat magrib menjelang malam. Solusinya ya harus dibawa makan walau pun sedikit. Hehehe.

Masuk minggu kesembilan, kondisi saya sempat drop. Batuk dan demam serta mual, perut terasa begah dan menyebabkan berat badan pun jadi turun lagi. Karena tidak nafsu makan. Karena udah gak kuat, saya pun kembali ke dokter untuk minta obat sekalian kontrol juga sudah hampir sebulan dari kontrol terakhir.

Kontrol kali ini saya ditemani ibu mertua. Karena suami lagi sakit DBD waktu itu. Ketika kami masuk, si pak dokter malah ngajak bercanda.

"Kenapa bu?"
"Ini dok, saya batuk sama demam dok. Kepala saya pusing.." keluh saya
"Sama dong saya juga batuk nih hehehee. Yaah namanya juga lagi hamil bu, nikmati aja yaaa... "

Hahahaha... iya juga sih yaa kondisinya emang begitu ya mau diapakan lagi selain dinikmati 😁

Saya pun naik ke tempat tidur untuk di-usg. Masya Allah..... lagi-lagi saya terharu, kali pertama saya dengar detak jantung si dedek. Alhamdulillah ya Allah, debay sehat dan kandungan saya saat itu masuk 9 minggu. Lega rasanya begitu mengetahui debay sehat. Tinggal si emaknya aja nih harus semangat makan biar berat badannya naik lagi hahahaha....



***

Segini dulu kali yaa ceritanya. Mohon doanya dari teman-teman semua, semoga saya dan debay sehat selalu sampai persalinan nanti, InsyaAllah 😄.

Oh iya, saya juga senang sekali karena mendengar banyak juga teman-teman yang lagi hamil. Semoga semua sehat dan happy selalu.

Buat teman-teman yang sedang menunggu, semoga segera menyusul. Yakinlah Allah memberikan segala sesuatu tepat pada waktunya. Mempunyai keturunan bukan ajang balapan, siapa yang cepat atau tidak. Semua kembali ke Yang Maha Mengetahui, apa dan kapan yang terbaik untuk ummatnya. Kita tidak pernah tahu tentang usaha dan doa yang dijalankan seseorang. Sehingga tak pantas rasanya jika kita mengeluarkan kalimat menuding seseorang hanya karena belum dikaruniai keturunan. (duuh #tercurhaaaattt 😄😄)


Terima kasih yang sudah mampir ke blog saya yang (ternyata) udah cukup lama absen ini hehehe...


Love,
Minda Lubis

You Might Also Like

10 comments

  1. Mindaaaa... seru banget aku bacanyaaa... oh jadi ternyata umur janinnya meleset 2 minggu yaa.. jadi sekarang 10 minggu, emg suka gitu itungan teori terakhir mens sama umur janin suka beda.. haha percaya sama dokter yang ngukur aja.. hihi. Kalau aku skrg 11 minggu.. hehe beda seminggu yah kitaaa 😆 senangnyaa.. sama akupun sampai skrg masih mual.. mager.. cepet lemes dan jantung berdebar.. ini aja blog udah sbulan lebih ga diupdate saking mager mikir.. hehee.. sehat sehat yaaa minda dan calon babyy 😘 ga sabar liat foto dirimu ootd dengan perut buncitnyaa hehee take care !

    www.inkaparamita.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehee..iyaa ada salah hitung usia kandungan. Jadi kita beda semingguan ya mba Inkaa :D. Aamiiin, makasi doanya mba Inka. Semoga mba Inka dan debay juga sehat dan lancar kehamilannya sampai lahiran nanti ya. Aamiiin... :*

      Hapus
  2. Alhamdulillah, Mindaaa... Selamat yaaa... Yg dinanti sudah datang, hehehe... Insya Allah selalu disehatkan, dimudahkan, dan dilancarkan. Aamiin yaa rabbal alamiin :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Diniii... Alhamdulillah ya Din huehehehe. AAmiin yaa rabbal alamiin,makasi doanya Diin :*

      Hapus
  3. Dulu pas hamil juga aku selalu deg-degan kalau mau kontrol mb Minda tapi pas udah denger detak jantung, lihat janinnya tumbuh berkembang bikin meleleh xixixi
    dinikmatin y mba masa-masa paling indahnya semoga terus sehat ayo banyak makan dan ngemil..ikut senang baca ini :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ah iya Herva, suka penasaran ya si debaynya udah sebesar apa, posisinya gimana heheheee. Alhamdulillah sekarang udah lumayan banyak makan, mual-mualnya udah sedikit berkurang :D

      Hapus
  4. Selamat mbak mindaaaa :D
    Semoga selalu sehat ibu dan bayinyaa ^^

    BalasHapus
  5. Cemamat mindaaa, semoga sehat2 minda & debaynya. Aku udah masuk trismester 2 aja masih mual2 & pusing... sekarang kaki malah agak bengkak karena masih nyetir & kalau pulang maceet banget :D
    Kadang kl dinasehatin, dinikmatin aja rasanya pengen jitak ahahhaha abis gimana doong, kalau lagi sakit & lemes mau dinikmatin apanyaaa #curcol hihihi XD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasiii bumil :*
      hahaha iyaa ya kalau dinasehati kadang malah mancing emosi *duh* :)))
      Semangaat terus mba Sandra, semoga sehat sampai persalinan nanti yaaa :*

      Hapus

Hi... Terima kasih sudah berkunjung ke blog ini. Mohon untuk tidak menggunakan seluruh artikel, foto dan video dalam blog ini tanpa izin. Silakan tinggalkan komentar kamu ya..

Enjoy the blog :)