Bikin BPJS Kesehatan Untuk Calon Bayi

11/24/2017 07:08:00 AM

original pic by  pixabay.com | edited by mindalubis

Sejak memasuki kehamilan trimester ketiga, sudah mulai nyicil nih persiapan apa aja yang diperlukan menjelang melahirkan. Salah satu yang saya urus duluan adalah membuat kartu BPJS untuk calon bayi. Pertama kali saya tahu tentang BPJS untuk calon bayi ini dari suami saya. Suami saya tahu dari temannya. Temannya tahu dari istrinya *lah jadi panjang hahaha*. 

Begitu dapat informasi dari suami, kemudian saya mulai cari tahu juga tentang BPJS untuk calon bayi ini dari beberapa blog dan website BPJS Kesehatan. BPJS calon bayi ini berguna untuk menjamin fasilitas kesehatan bagi bayi yang baru lahir apabila mengalami gangguan kesehatan atau memerlukan penanganan khusus saat lahir. Sehingga sang bayi dapat memperoleh perlindungan sejak dini.

Sejak kapan kita bisa mendaftarkan calon bayi menjadi peserta BPJS Kesehatan?
Sejak usia kandungan memasuki 5 bulan atau sudah ada detak jantung janin, orang tua sudah bisa mendaftarkan calon bayinya menjadi peserta BPJS Kesehatan. Dengan catatan, orang tua calon bayi sudah menjadi peserta BPJS mandiri.

***
Cara Mendaftar BPJS Kesehatan Calon Bayi

Disclimer : ini menurut pengalaman pribadi yaa 😁

Cara mendaftarnya cukup mudah. Di sini saya akan menceritakan pengalaman pribadi saya dalam mengurus pendaftaran BPJS Kesehatan Calon Bayi. Saya mendaftar di Klinik Islamic Centre Samarinda. 

Dokumen  yang diperlukan, antara lain :

- Foto copy Kartu Keluarga
- Foto copy Kartu Tanda Penduduk
- Foto copy Kartu BPJS Kesehatan (milik ibu)
- Foto copy Buku tabungan (halaman depan). Ini berguna untuk mencatat nomer rekening yang akan dipakai untuk pembayaran iuran BPJS.
- Surat keterangan hamil dari dokter kandungan / bidan.
- Hasil USG



Di Islamic Center Samarinda melayani pendaftaran BPJS. Jadi kita tidak perlu ke kantor BPJS untuk mendaftar. Kelebihannya kita bisa bebas antri. Tapi kekurangannya, kartu BPJSnya lama banget jadinya. Setahu saya, ada beberapa faskes yang juga bisa mengurus BPJS. Jadi bisa ditanyakan ke faskes teman-teman terlebih dahulu ya, apakah faskes tersebut bisa mengurus BPJS atau tidak?

Setelah mendaftar, petugas akan memberi kabar via sms kalau kartu BPJS calon bayi kita sudah jadi. Kalau sekarang, kartu BPJS calon bayi saya belum jadi nih. Kalau sudah, nanti saya update lagi ya ceritanya... 😄

Itu dulu aja ceritanya, hehehe. Kalau ada pertanyaan, silakan tulis di comment ya.. Semoga saya bisa membantu menjawab. Semoga sehat dan semangat terus para bumil dan calon ibu!!! 


Thanks for reading ♥



You Might Also Like

13 comments

  1. Makasi mba Minda baru tau mesti pake buku tabungan juga hahaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama Herva, semoga membantu. Iya, di tempat aku mendaftar itu pakai buku tabungan juga. Buat jaga-jaga, bawa juga aja hehehe.

      Delete
  2. Harus peserta BPJS mandiri ya, mbak? Berarti kalo selain itu nggak bisa? Soalnya udah digabung sama punya suami nih... hiks,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau udah ada BPJS dari suami, untuk anak itu sudah ditanggung Na. Kalau gak salah sampai anak ketiga deh. Coba ditanya lagi yaa hehehe.

      Delete
  3. Wuih baru tau kalau faskes bs urus bpjs juga, tp hanya bs yg mandiri ya mbak? Kalau yang dari kantor ga bisa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau dari perusahaan itu kalau gak salah sudah menanggung sampai anak juga, Gie. Kalau yang mandiri, kita harus daftar lagi..

      Delete
  4. aku baru tau dari ibu2 komplek klo bayi blm lahir mending di daftarin bpjs skalian hihi...wah berarti sebentar lagi yaa lahirannya. Sehat2 semuanya yaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nunggu bulan nih mba Uci,hehhee. Mohon doanya yaaa :*

      Delete
  5. Wah baru tau kak kalau bayi dalam perut udah bisa dibikinin BPJS. Berguna ini infonya buat nanti aku kalo punya anak hehe. Lancar-lancar sampai lahiran ya :D

    ReplyDelete
  6. Thanks infonya Minda, berguna bgt nih. Emang udah niat mau buat BPJS debay.

    ReplyDelete
  7. semoga sehat2 dan lancar persalinannya nanti ya Minda
    ada BPJS buat calon bayi bikin perasaan jadi tenang ya

    ReplyDelete
  8. Aku baru tahu kalo calon bayi juga sudah bisa didaftarkan di BPJS. Catet ah. Aku sendiri sampai sekarang belum punya bpjs karena bingung waktu daftar online. KK ku masih Yogya sedang kami tinggal di Jakarta. Salam kenal mbak

    ReplyDelete
  9. Aku udah pernah denger tentang ini tapi tentu belum ngalamin, hehe. Info baru yg aku tadinya gatau tentang faskes yang nyediain jasa bikin kartu Mba. Really nice info :)

    ReplyDelete

Hi... Terima kasih sudah berkunjung ke blog ini. Mohon untuk tidak menggunakan seluruh artikel, foto dan video dalam blog ini tanpa izin. Silakan tinggalkan komentar kamu ya..

Enjoy the blog :)