Perlengkapan Baby New Born

6/05/2018 11:21:00 PM


Masa-masa menanti kelahiran itu memang paling menyenangkan sih. Campur aduk perasaan senang, deg-deg-an juga. Biasanya masuk trimester ketiga, si bumil udah mulai menyiapkan barang-barang kebutuhan si calon bayi. Nah ini yang pastinya paling disukai para bumil. BELANJA!!! hahaha. Yup, belanja kebutuhan baby new born.

Saya juga gitu, paling gak sabar kalau udah waktunya belanja printilan buat bayi. Saking semua pengen dibeli jadi bisa meleset deh antara kebutuhan dan keinginan. Dan setelah 4 bulan melahirkan, ternyata ada beberapa barang yang sudah saya beli tapi tidak terpakai. Ada juga barang yang seharusnya saya beli dari dulu eh malah gak kebeli karena (waktu itu) merasa gak perlu. 

Contohnya gurita dan popok kain yang sudah lumayan banyak saya beli, tidak terpakai semua. Karena (sok) idealis nih ya, maunya sebulan pertama si bayi dipakaikan popok kain. Tapi kenyataannya tepar dan gak sanggup bolak balik harus nyuci popok,celana sama bedong yang kena kotoran. Nyerah deh, akhirnya saya pilih pakai diapers saja hehehe. Kalau gurita bayi, ini karena dari rumah sakit tempat saya melahirkan sudah melarang penggunaan gurita pada bayi. Hal ini karena ditakutkan akan menekan perut bayi sehingga bayi tidak leluasa bernapas. Karena bayi juga seperti kita, ingin bebaaass hahaha.

Blog post kali ini saya mau berbagi tentang kebutuhan apa saja yang sebaiknya disiapkan oleh calon mama & papa yang sedang menanti lahirnya si buah hati. Tapi ini berdasarkan pengalaman saya aja ya hehehe. Kalau ada yang beda atau ada tambahan, silakan komen di kolom komentar yaa 😁

Untuk kebutuhannya saya bagi menjadi 6.

Keperluan Ibu :
bra menyusui 
korset
baju menyusui 
pembalut nifas
breast pad 
breast pump + kantong ASIP 

Pumping ternyata bukan hanya khusus para ibu bekerja saja. Buat Ibu rumah tangga juga perlu menyiapkan ASI Perah. Buat jaga-jaga diperlukan dalam keadaan darurat atau bisa juga buat dibawa saat bepergian

Keperluan Bayi:
baju bayi new born
celana bayi new born 
bedong
diapers / popok bayi
sarung tangan & kaki
topi bayi

perlak mini & kapas untuk membersihkan kotoran bayi

Toiletries :
sampo bayi
sabun mandi cair
minyak telon
baby oil
baby lotion
diapers cream
kapas
tissue

Untuk pemilihan produk toiletries ini bisa dicoba dulu dengan produk tester pack. Tujuannya untuk mengetahui apakah produk yang dipilih cocok atau tidak untuk bayi. 
Baby oil bisa digunakan untuk memijat bayi sebelum mandi. Kalau memijat bayi setelah mandi, baiknya pakai baby lotion saja, tujuannya juga sekalian melembapkan kulit bayi.

Perlengkapan mandi :
perlak mandi
bak mandi bayi
handuk
washlap


Perlengkapan lainnya :
diapers bag 
sabun cuci baju (liquid detergent)
sabun cuci perlengkapan breast pump / dot
perlak mini
sapu tangan
selimut
bantal
gunting kuku
alat sedot ingus (nose cleaner)
sisir bayi
termometer badan
aromatheraphy

Optional :
gurita bayi
popok kain
baby cologne 
bedak bayi

Maksudnya "Optional" di sini adalah produk yang bisa dipakai sesuai dengan kebutuhan teman-teman. Pengalaman saya, produk "optional" ini akhirnya tidak terpakai saat bayi baru lahir. Baby cologne dan bedak bayi juga akhirnya saya pakai di usia bayi sudah lewat satu bulan. Itu juga jarang banget dipakai. Kalau baby cologne saya pakaikan di bajunya. Bedak bayi juga jarang banget saya pakai.

***

Itu dulu yaa yang bisa saya bagikan. Kalau teman-teman punya pengalaman yang sama atau punya pengalaman lain, silakan komen yaa. Semoga bermanfaat, hehehe 😃



love,

You Might Also Like

3 comments

  1. termometer rusak euy jd kepikiran pgn beli sama sedot ingus aku belum beli padahal uda diniatin lupa terus hahaha
    aku ga samsek beli gurita n popok kain mba krn memang sudah rasain pas anak pertama wah bisa keritinh rambut aku cuci mulu popok hahhaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya yah K.O juga nyuci popok kain hahaha... :)))

      Delete
  2. Hahahahah jadi inget jaman dulu pas Raya lahir, aku cuman beli popok kain 6 dan itu sama sekali ngga kepake karena akhirnya kuputuskan pake pospak all the way, secara di RS juga pake pospak dari awal kaaan :D itu popok kain aku jadiin pad buat PD biar ngga rembes akhirnya hahaha.

    Lahiran ke-2 kemaren lebih woles, baru beli baju bayi H-3, cuci2 trus bawa ke RS. banyak perlengkapan yg belum dibeli dan dibeli setelah Shasha lahir #paraaah hahaha :D

    Enjoy motherhood minda!

    ReplyDelete

Hi... Terima kasih sudah berkunjung ke blog ini. Mohon untuk tidak menggunakan seluruh artikel, foto dan video dalam blog ini tanpa izin. Silakan tinggalkan komentar kamu ya..

Enjoy the blog :)