Filter Air Bersih Untuk Danau Toba

7/25/2018 08:30:00 AM

sumber foto : http://komputersmpn1parapat.blogspot.com/
Masih teringat jelas di memori saya. Waktu masih kecil dulu sering sekali melewati danau Toba. Kala itu, saya dan keluarga tinggal di Padang Sidimpuan, Tapanuli Selatan. Dan selalu melewati danau Toba kalau mau ke Medan dengan perjalanan darat. Saya juga masih ingat ketika saya dan keluarga berlibur ke danau Toba beberapa puluh tahun lalu. Sayangnya saat itu teknologi belum secanggih sekarang, jadi tidak bisa mengabadikan momen itu lewat foto. hahaha.

Selain alamnya yang indah, danau Toba dikaruniai air yang sangat berlimpah. Danau terluas dan terdalam se-Asia Tenggara tersebut termasuk dalam kategori Danau Oligotropik yaitu danau dengan air yang sangat jernih, dihuni oleh sedikit organisme dan mengandung banyak oksigen di dasar air. Sudah semestinya air Danau Toba dapat digunakan oleh masyarakat pesisir sebagai air bersih. Beberapa penelitian juga menyatakan bahwa air Danau Toba masih layak digunakan.

Namun faktanya, masyarakat yang tinggal di sekitar danau Toba masih merasa kekurangan air bersih.

Sebelum ada teknologi filter air, masyarakat yang tinggal di pesisir Danau Toba, tepatnya di Dusun Tiga Baru dan Dusun Sait Borno - Nagori Tambun Raya, mengandalkan air bersih yang berasal dari mata air pegunungan untuk kebutuhan sehari-hari seperti sumber air minum, memask sampai mencuci. Padahal jarak dari desa sampai ke mata air cukup jauh dan beresiko karena mereka mengambil air menggunakan ember atau jeriken. Kebayang dong gimana lelahnya berjalan berkilo-kilometer sambil menjunjung ember atau jeriken? apalagi kalau yang membopong air sudah berusia lanjut. Duh... betapa mirisnya. Belum lagi debit mata air dapat berkurang drastis sehingga sumber mata air menjadi kering ketika musim kemarau tiba.

Syukurlah kini beberapa wilayah pesisir Danau Toba dipasangi teknologi filter air yanga membuat air Danau Toba semakin jernih dan layak dikonsumsi. Teknologi filter air tersebut berkerja dengan menggunakan beberapa lapis penyaringan, sehingga air yang melewatinya akan menjadi jernih dan jernihnya pun menjadi stabil, sehingga aman dikonsumsi kapanpun oleh masyarakat.

Kini masyarakat yang tinggal di sekitar Danau Toba tidak perlu lagi menempuh perjalanan berpuluh-puluh kilometer untuk mendapatkan air bersih.

Saya sebagai turis lokal Danau Toba tentunya merasa terjamin jika besok ada kesempatan liburan ke sana dan mengkonsumsi air olahannya. Apalagi masyarakat sekitar, ya? Pasti sangat terberkati. Saya doakan semoga teknologi filter air tersebut terjaga dengan baik dan semakin berkembang penggunaannya. Aamiin!



Thank you for reading. 
Love,

You Might Also Like

0 comments

Hi... Terima kasih sudah berkunjung ke blog ini. Mohon untuk tidak menggunakan seluruh artikel, foto dan video dalam blog ini tanpa izin. Silakan tinggalkan komentar kamu ya..

Enjoy the blog :)