Review Gendongan Bayi

9/08/2018 01:16:00 AM

Dulu sewaktu hamil, saya seneng banget lihat Andien selalu gendong Kawa. Dan posisi menggendongnya pun berbeda dengan posisi menggendong zaman dulu. Dari situ, saya mulai cari tau tentang cara menggendong bayi. Syukurnya, melalui media sosial seperti instagram, blog, YouTube memudahkan saya untuk mencari ilmu gendong bayi ini. Ternyata sekarang lebih dianjurkan untuk menggendong bayi dalam posisi M shape yaitu menggendong bayi dalam posisi bayi tegak dengan kaki membentuk huruf M atau seperti kaki katak. Karena posisi ini adalah posisi optimal dalam membantu perkembangan tulang punggung dan pinggul bayi. Posisi ini juga merupakan posisi alamiah bayi seperti sejak dalam kandungan.



Kurang lebih, begitu informasi yang saya dapat. Hehehe. Tapi kali ini saya tidak membahas macam-macam posisi menggendong ya, karena ilmu saya juga masih cetek soal yang itu. Hihihii... 

Kalau dulu, saya cuma tau gendongan dengan jarik atau kain batik. Tapi sekarang ada banyaaaaaaak banget macam-macam gendongan. Sebelum melahirkan, saya sempat banyak pertimbangan juga nih sebelum memilih gendongan mana yang mau dibeli. Karena masing-masing model gendongan itu juga harus disesuaikan dengan usia bayi. Dari lahir sampai sekarang saat si bayi usia 6 bulan, saya cuma punya 4 macam gendongan. Saya coba review satu per satu yaa....  😊

***

GENDONGAN CUKIN (KAIN PANJANG)



Brand : Mere et moi
Bahan : Kain kaos
Ukuran : 240 cm x 90 cm

Sejak Arzan lahir, saya sudah pakai gendongan cukin ini diikat dengan teknik slipknot. Posisi menggendong M shape. Gendongan ini berbahan kaos jadi adem kalau dipakai dan mudah dicuci. Alasan pilih gendongan ini supaya bisa dipakai lebih lama dari lahir sampai agak besaran. Dan kalau pakai ini, neneknya Arzan pun bisa tetep gendong sesuai anjuran gendong M shape tanpa pegel.


***

BABY WRAP



Brand : Hanaroo
Bahan : Kaos Stretch
Ukuran : -+ 250 cm

Ini gendongan kedua yang saya beli waktu Arzan usia 1 bulan. Dari usia 1 bulan sampai 3 bulanan, baby wrap ini sering saya pakai. Bahannya melar dan kalau dipakai bisa menyesuaikan berat badan bayi. Pemakaian baby wrap memang gak sesimple gendongan instan. Harus lilit lilit dulu, jadi harus sering latihan juga biar terbiasa. Tapi kalau sudah biasa, gendongan ini enak banget! Sayangnya agak susah buat dicuci karena bahannya panjang dan harus dicuci dengan tangan biar lebih awet.


***

GENDONGAN KAOS (GEOS)


Brand : Mere et moi
Bahan : Kaos 2 sisi (polos + motif)

Masuk usia 4 bulan, saya mulai mencoba pakai gendongan kaos. Karena sesuai dengan anjurannya, geos ini bisa digunakan mulai usia 4 bulan atau saat leher bayi sudah bisa tegak. Bahannya ini kaos tebal tapi tidak panas kalau digunakan dan mudah dicuci. Menurut saya, untuk gendongan kaos ini memang sebaiknya harus dicoba langsung. Walaupun dikatakan ukuran geos ini disesuaikan dengan berat badan penggendong. Takutnya terlalu longgar atau terlalu sempit.

***

BABY CARRIER



Jenis baby carrier itu banyaaak banget. Sempat bingung mau pilih yang mana. Karena harganya lebih mahal dari 3 gendongan sebelumnya. Hahaha. Setelah menimbang, akhirnya pilih Ergobaby 360. Baby carrier ini jadi favorit saya sekarang ini. Dilengkapi 4 posisi menggendong. Bisa hadap luar, hadap penggendong, hadap samping dan digendong di belakang. Bantalannya juga nyaman dan tidak pegal kalau menggendong agak lama. Perawatannya mudah, bisa dicuci dengan mesin cuci.

***

Sedikit tips untuk mempertimbangkan sebelum membeli gendongan :
- harga (kalau saya pasti pilih yang ramah kantong hahahaa)
- sesuaikan jenis gendongan dengan usia bayi.
- pilih gendongan yang sekiranya bisa dipakai dalam jangka waktu yang lama.
- pilih gendongan yang mudah cara perawatannya.

Jadi kira kira itu ya review singkat saya tentang gendongan yang saya punya. Kalau mau sharing atau ada pertanyaan dan tambahan tips, jangan sungkan tulis di kolom komentar yaa.. Terima kasih sudah menyimak tulisan ini. Semoga bermanfaat!  ❤



You Might Also Like

5 comments

  1. Minda mau nanya dongs hehe
    Kalo pake Si geos meeret moi kita jg tetep sambil megangin leher bayinya kan ya..
    Trus kalo ergobaby 360 harganya brpan? Trus itu pake pas umur brp ya??
    Hehhe makasi sebelumnyaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Kartika...
      Iya kalau leher bayinya belum stabil pakai geos sambil pegang lehernya. hehehe
      Kalau ergobaby 360 ini bisa dipakai dari umur new born dengan tambahan bantalan di dalamnya. Kalau sudah 4 bulanan, bisa dipakai tanpa tambahan bantalan lagi.

      Delete
  2. ku punya kain panjang jarit, baby wrap yang aku beli sendiri hahaha
    yg model carrier dikasih tp merknya yg bkn aku pgn wkwwkkwk nawar bet y pdhl dh dikasih

    awal pake baby wrap sampe keringetan piye carana makenya katro sampe akhirnya cari diyoutube dong LOL

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai baby wrap sih paling enak yaa... Walaupun emang harus latihan terus biar lihai pakainya hehehe :D

      Delete
  3. Mindaaa.. Bermanfaat banget sharingnya tentang gendongan bayi. Aku dari anak pertama sampe kedua ga tau kenapa ga betah pake gendongan apapun padahal suka nerima kado. Haha.. LeBih suka naro di stroller atau gendong skalian ga pake gendongan. Haha.. Palingan ayahnya sih kadang suka gendong yang model baby carrier, trus bundanya gandengin si kakak yang udah lari lari ga bisa diem. Hehe

    ReplyDelete

Hi... Terima kasih sudah berkunjung ke blog ini. Mohon untuk tidak menggunakan seluruh artikel, foto dan video dalam blog ini tanpa izin. Silakan tinggalkan komentar kamu ya..

Enjoy the blog :)