"Bekal" untuk Anak

12/20/2018 09:00:00 AM


Saya dan suami tergolong masih baru banget jadi “orang tua”. Tentunya banyak hal yang harus kami persiapkan untuk anak kami. Seperti yang banyak dikatakan orang “orang tua tuh rela lakukan semua yang terbaik untuk anaknya”. Kami pun sama halnya seperti itu. Ingin yang terbaik untuk anak. Mulai dari kesehatan, pendidikan formal, pendidikan non formal dan pendidikan agama. Itulah “bekal” yang harus kami berikan sejak dini kepada anak kami.


  • Kesehatan & Perlindungan


Anak bayi umur 10 bulan ini lagi aktif banget. Lagi senang main dan eksplor segalanya. Kami berusaha menjaga kesehatannya supaya tetap aktif dan ceria. Kesehatan itu hal yang penting banget buat kami. Terlebih suami saya paling “cerewet” urusan kesehatan anak dibandingkan saya. Haha. Kalau anak mulai batuk atau pilek saja, dia udah mulai panik deh. Kalau udah sakit, emak bapaknya jadi ikutan puyeng. Haha. Ibu Pak bapak tau kan harga dokter dan rumah sakit tuh mahal. Duuh...amit-amit yaa jangan sampai lah ada sakit yang macam-macam. Makanya kami usahakan jaga kesehatannya dengan memberikan vaksin sesuai waktunya, menjaga kebersihan rumah, makanan, mainan dan juga mempersiapkan perlindungan kesehatan untuknya.


Baru-baru aja nih saya beli asuransi kesehatan buat anak saya. Kenapa beli asuransi? Ya karena saya pikir ini salah satu investasi jangka panjang. Semakin muda justru bisa dapat premi asuransi yang murah. Karena risiko usia muda tidak setinggi risiko usia tua. Semakin tua, biasanya premi asuransinya pun semakin tinggi. Mungkin keuntungannya tidak kita rasakan sekarang, tapi saat usia tua nanti tentunya keuntungan dari asuransi ini bisa kita rasakan. Manfaat yang bisa kita dapat antara lain manfaat rawat inap, rawat jalan, perawatan gigi, persalinan, penggantian kacamata.


Saya beli asuransi kesehatan di Futuready.com. Saya baru tahu Futuready dari teman saya. Futuready ini bukan produk asuransi yaa. Melainkan supermarket yang berjualan asuransi online berlisensi OJK. Ada banyak brand asuransi yang bekerja sama untuk dijual disana. Seperti asuransi AXA, ADIRA Insurance, JAGADIRI, ACA asuransi, Asuransi ABDA dan lainnya. Jadi kita bisa langsung mencari dan membandingkan asuransi yang akan kita beli. Oiya, sebelum membeli, jangan lupa untuk cek premi asuransi yang sesuai dengan kebutuhan kita ya.


Jangan takut ribet beli asuransi di Futuready. Karena transaksinya mudah, pembayarannya juga gampang bisa dengan kartu kredit, transfer bank atau bayar langsung di minimarket. Kalau sudah disetujui, polis elektronik langsung dikirimkan via email dan langsung aktif.


  • Pendidikan


Beberapa waktu yang lalu, ada salah satu akun instagram yang membahas soal uang sekolah. Wow, ini bikin saya cenat cenut juga lihat harga masuk sekolah. Hahaha. Ini jadi “PR” selanjutnya dalam mempersiapkan “bekal” anak. Mumpung anaknya masih umur 10 bulan, jadi masih ada waktu yang lumayan lah yaa buat persiapan uang sekolahnya. Buat persiapan biaya sekolah dan pendidikan formal lainnya, kami memilih membuka tabungan pendidikan. Harus perlu kerjasama dan komitmen yang tinggi untuk bisa konsisten menabung.


Pendidikan non formal juga tidak kalah penting. Seperti mengajarkan disiplin, kebiasaan yang baik untuk kehidupan sehari-hari. Iya, memang harus sejak dini mengajarkan dan membiasakan hal-hal yang baik. Kadang kita berpikir kalau anak bayi masih belum mengerti, padahal anak bayi itu luar biasa otaknya. Apa yang sering dia lihat & dengar itulah yang diserapnya. Istilahnya “Children see, children do”.


Tidak lupa juga selalu mengajarkan tentang pentingnya pendidikan akhlak sejak dini. Pendidikan akhlak yang diberikan kepada anak akan menjadi bekal yang sangat berharga dalam kehidupan anak selanjutnya. Tentu ini bukan perkara yang mudah, apalagi bagi kami orang tua yang masih kurang ilmu dan masih terus belajar.



love,
Mindalubis

You Might Also Like

0 comments

Hi... Terima kasih sudah berkunjung ke blog ini. Mohon untuk tidak menggunakan seluruh artikel, foto dan video dalam blog ini tanpa izin. Silakan tinggalkan komentar kamu ya..

Enjoy the blog :)