Breath Holding Spells pada Bayi

12/05/2018 03:50:00 PM


Usia 6 bulan, kali pertama bayi saya Arzan nangis sampai hilang napas, wajah biru dan pingsan. Perasaan saya udah gak karuan. Kaget, panik, bingung harus gimana. Saya pikir itu kejadian pertama dan terakhir. Ternyata, kejadian lagi beberapa kali dalam rentang waktu 3 bulan ini.

Dari situ saya mulai googling kenapa kok anak saya bisa nangis sampai begitu? Ketemu lah beberapa artikel yang bilang itu adalah "BREATH HOLDING SPELLS" yaitu kondisi di mana bayi/anak menangis sampai membiru dan bisa pingsan karena tertahannya napas dan lambatnya aliran oksigen ke tubuh. Sempat juga nanya-nanya ke beberapa dokter umum, dan menyarankan untuk konsultasi ke Dokter Anak. Akhirnya saya konsultasi ke DSA.

Beliau bilang kalau BHS ini bisa terjadi saat emosi anak yang berlebihan. Misalnya marah atau rasa sakit. Ini disebabkan juga karena watak anaknya yang keras. Dan BHS ini tidak ada terapi atau obatnya. Biasanya juga akan hilang dengan sendirinya, paling lama usia 3 tahun. BHS ini juga tidak menyebabkan gangguan perkembangan anak. 

Kalau serangan BHS lagi datang, ada beberapa saran yang bisa dilakukan. Yaitu merebahkan dan memiringkan badan bayi sambil diusap usap dadanya. Ini bisa membantu agar oksigen cepat kembali ke tubuh. Kalau bayi sudah agak tenang, bayi bisa diangkat dan dipeluk. Usahakan juga orang tua tidak panik kalau hal ini terjadi. 

Kira-kira begitu, hehe. Buibu Pakbapak ada yang punya pengalaman yg sama? Boleh loh sharing di comment yaa...





love,
minda lubis

You Might Also Like

4 comments

  1. ya ampuuun arzan kamu jangan nahan nafas gitu doong, kebayang deh panik banget minda liat anak membiru huhuhu.. aku blm pernah pny pengalaman kyk gini, justru pgn tau malah gimana cara nanganin BHS ini minda, ntar kl dah ada infonya tulis ya... sehat2 terus ya arzan :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah sekarang sudah mulai berkurang BHSnya mba...Kecuali kalau lagi kesakitan banget baru deh kumat lagi BHSnya. Aamiiin,semoga mba Sandra dan keluarga juga sehat selalu yaa :*

      Delete
  2. BHS bisa sampai usia 3 tahun ya mba.... Anak saya kadang nangis juga sampai membiru bibirnya, ga bersuara lama, urat di bawah mata nya sampai kelihatan. Btw,, di Samarinda cek dgn DSA siapa mba? Kalau boleh tau...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau kata dokternya paling lama sampai usia 3 tahun, mba.. Ini gak ada obat & terapinya, tapi gak membahayakan sih cuma bikin kita panik hehehe. Saya konsul dengan dokter spesialis anak dr.William :)

      Delete

Hi... Terima kasih sudah berkunjung ke blog ini. Mohon untuk tidak menggunakan seluruh artikel, foto dan video dalam blog ini tanpa izin. Silakan tinggalkan komentar kamu ya..

Enjoy the blog :)