Kalkulator AFS, Bantu Temukan Stimulasi yang Cocok untuk Si Kecil

1/25/2019 12:17:00 PM


Awal-awal ganti predikat sebagai "new mom", kadang saya suka khawatir dengan tumbuh kembang anak. Seperti waktu berat badan anak turun dan susah banget naiknya, gitu aja udah panik, udah "parno". Hehehe. Mungkin karena pengetahuan saya masih banyak kurangnya...(yaa sampai sekarang juga merasa kurang,hehe). Saya bersyukur sekali menjadi orang tua di zaman digital seperti sekarang. Ilmu dan pengetahuan terutama tentang parenting semakin mudah saya dapatkan. Apalagi ilmu semakin berkembang, terkadang kita gak bisa menyamakan ilmu parenting "orang dulu" dengan yang sekarang. Makanya saya seneng banget bisa gabung di "Parenting Club by Wyeth". Banyak banget ilmu yang bisa saya dapatkan di sini.

Parenting Club menyajikan informasi lengkap mulai dari kehamilan sampai tumbuh kembang anak. Dan dari sinilah saya baru tahu kalau ternyata tumbuh kembang anak itu bukan hanya sebatas perkembangan fisik (berat badan, lingkar kepala, tinggi badan) saja. Ada hal lain juga yang mempengaruhi tumbuh kembang anak. Yaitu tumbuh kembang akal, fisik dan sosial. Ketiganya harus digunakan dan dikembangkan dengan baik, seimbang dan sinergis. Karena akan berpengaruh besar terhadap kepintaran dan perilaku si kecil. 

Saya yakin setiap orang tua akan memberikan apapun demi yang terbaik untuk anaknya. Terlebih lagi ketika anak usia 0-6 tahun, di mana usia tersebut adalah masa-masa penting bagi mereka. Karena waktu gak bisa diulang, mari kita maksimalkan perkembangan mereka. Sebagai contoh melakukan kegiatan yang mampu menstimulus akal, fisik dan juga sosialnya. Sebelumnya, kita harus tahu dulu kegiatan stimulus apa yang dibutuhkan oleh anak kita sesuai dengan usianya. Caranya gampang banget! Sekarang sudah ada "Kalkulator AFS" dari Parenting Club. 

Kalkulator Akal Fisik Sosial (AFS) adalah tool yang dapat membantu kita menemukan rekomendasi yang tepat untuk mengembangkan sinergi Akal Fisik Sosial si kecil.


Sebagai contoh, anak saya Arzan usia 11 bulan. Alhamdulillah hasilnya 100%, artinya kemampuan Akal Fisik Sosialnya telah menunjukan sinergisme yang baik. Tetapi masih harus selalu diberi stimulasi secara rutin, bertahap dan tidak memaksa dengan cara bermain yang menyenangkan.


Untuk selanjutnya memasuki usia 12 - 18 bulan, disarankan melakukan stimulasi untuk mengembangkan keterampilan bergerak melalui kemampuan duduk dan/atau berdiri dengan memberikan bantuan secukupnya. Seperti melatih kemampuan berdiri sendiri, melatih melangkah.

Alhamdulillah, sekarang saya sudah gak "parno"an lagi tentang tumbuh kembang si kecil. Hihihi. Gimana buibu, udah ikutan tes ini belum? Yuk segera cek kemampuan si kecil di https://www.parentingclub.co.id/kalkulator-afs. Semoga ini bisa membantu para mama mungkin (seperti saya) yang sempat khawatir masalah tumbuh kembang si kecil.






love,
Minda Lubis

You Might Also Like

0 comments

Hi... Terima kasih sudah berkunjung ke blog ini. Mohon untuk tidak menggunakan seluruh artikel, foto dan video dalam blog ini tanpa izin. Silakan tinggalkan komentar kamu ya..

Enjoy the blog :)