Fitur Chat dari GOJEK, Permudah Chatting Sekaligus Patungan

4/08/2019 09:50:00 PM




Halo!

Eh gak kerasa udah mau bulan puasa yaa. Kalau dekat bulan puasa gini biasanya udah rame nih wacana buat buka puasa bersama. Mulai wacana bukber bareng teman-teman SD, SMP, SMA, Kuliah, Kerja, Keluarga sampai group-group chat arisan. Udah pusing duluan ya atur jadwal. Atur jadwalnya aja udah pusing, belum lagi atur tempat sama makanannya. Hehehe. Saya pribadi sih udah jarang banget ikut buka puasa bareng. Terakhir ikut bukber 2 tahun lalu, hahaha. Alasannya adalah karena jujur ya saya males kalau ribet nentuin menu makanan buat buka puasa. Pernah ngalamin gak sih? Heboh dan semangat banget buat ngadain bukber, tapi giliran mau nentuin menu makanan/minuman ribeetnyaa bukan main. Saya pernah punya pengalaman seperti itu. Ceritanya mau ngadain bukber dengan temen dekat, cuma bersepuluh aja sih. Kami udah bikin group chat dan kebetulan saya yang jadi admin dan kordinatornya. Saya mulai buka forum dengan menanyakan “mau pesan menu apa nih buat bukber?”. Macam-macam deh jawabannya. Ada yang jawab “yang manis aja” “terserah deh” bahkan ada yang gak jawab chat. Saya juga harus bolak-balik share deh foto-foto makanan yang sudah saya screen shot di smartphone. Ini ribet sih, karena harus cari foto makanan atau minumannya trus di-share ke group. Hahaha. Belum lagi nentuin budget buat makanan dan kadang suka gak enak buat nagih uang patungan. Beuuugh puyeng kepala! Ujung-ujungnya malah batal bukbernya. Kelamaan diskusi gak ada hasil sih, Hahaha.

Akhir-akhir ini saya baru tahu kalau ternyata ada fitur baru dari GOJEK yang bisa bantu kita untuk permudah beli makanan rame-rame, namanya Fitur Chat GOJEK. Pasti temen-temen udah familier kan dengan aplikasi GOJEK. Saya sendiri sudah menjadi pengguna GOJEK sejak 2015. Dulu saya sering pakai fitur GO-SEND untuk kirim barang, pakai GO-RIDE buat antar jemput. Apalagi urusan perut laper dadakan, hahaha. Bakal aman kalau pakai GO-FOOD! Dan sekarang urusan pesan makanan bareng temen atau keluarga juga makin gampang dengan adanya Fitur Chat GOJEK. Ini adalah inovasi GOJEK yang benar-benar fresh karena belum pernah dimiliki oleh aplikasi sejenis (super app) di Indonesia. Fitur baru ini merupakan sebuah inovasi baru karya anak bangsa, yang pastinya akan semakin mempermudah penggunanya. Makin bangga ya dengan produk Indonesia.

sumber foto : website GOJEK

Melalui fitur ini, kita (pengguna jasa) bisa chat antar user GOJEK. Gampangnya yaa seperti group chat di aplikasi penyedia chat pada umumnya itu loh. Dengan catatan, semua teman yang akan di-invite sudah meng-install aplikasi GOJEK yaa. Untuk mengaktifkannya, klik ikon chat di bagian tengah halaman depan aplikasi GOJEK. Kalau belum ada, silakan update aplikasinya dulu ya.

Contohnya begini, saya mau ajak 3 teman saya buat patungan beli makanan. Saya invite (undang) deh ketiga teman saya itu ke dalam group chat GOJEK. Kita bisa langsung diskusi mau pesan makanan apa. Kalau sudah dipesan, kita akan terima tagihannya. Nah, tagihannya itu langsung bisa dibayarkan langsung mentransfer uang dalam bentuk GO-PAY. Fitur ini namanya split bill, ini adalah fitur tambahan yang ada di dalam fitur chat.Inovasi ini berguna untuk membantu kita dalam menghitung uang patungan. GOJEK juga menyediakan kalkulator di dalam fitur split bill ini, jadi kita gak perlu khawatir salah hitung.

sumber foto : website GOJEK

Fitur split bill bisa membagikan total biaya patungan secara bagi rata. Misalnya nih ya, saya dan 3 teman saya mau beli makanan nasi pecel ayam 4 bungkus dengan total tagihan Rp. 200.000,-. Jadi masing-masing harus bayar Rp. 200.000,-. Selain bisa bagi rata, fitur split bill juga bisa membagikan total patungan dengan biaya yang berbeda-beda. Sebagai contoh lagi ya, saya dan 3 teman saya mau pesan : nasi uduk 2 bungkus harganya Rp. 75.000, nasi padang 1 bungkus dengan harga Rp. 25.000, nasi bakar dengan harga Rp. 30.000. Jadi masing-masing harus bayar sesuai dengan harga menu yang dipesan.

Enak banget ya ada aplikasi patungan seperti ini. Sangat membantu dan mempermudah penggunanya. Ohiya, dengan fitur ini bukan cuma bisa untuk pesan makanan, tapi kita juga bisa berkoordinasi untuk hal lain seperti pengumpulan donasi, arisan dan yang lainnya.


Kalau udah ada solusi seperti ini sih saya jadi semangat mau ikutan bukber lagi. Hehehe. 

You Might Also Like

0 comments

Hi... Terima kasih sudah berkunjung ke blog ini. Mohon untuk tidak menggunakan seluruh artikel, foto dan video dalam blog ini tanpa izin. Silakan tinggalkan komentar kamu ya..

Enjoy the blog :)