5 Pilihan Karier Untuk Lulusan Ilmu Farmasi

12/12/2019 11:56:00 AM


Ilmu farmasi memang jurusan yang kurang banyak diminati di Indonesia, peminatnya yang tidak banyak bukan tanpa alasan. Karena di Indonesia juga belum banyak kampus yang memiliki jurusan Farmasi, sekalipun terdapat jurusan farmasi kelas yang dibuka untuk jurusan tersebut persemesternya hanya 1 hingga 2 kelas saja. Membuat persaingan untuk masuk ke jurusan farmasi dipikir susah. Belum lagi ilmu farmasi di Indonesia masih di cap hanya akan bekerja sebagai apoteker saja. Padahal diluar itu ada 5 pilihan karier untuk lulusan ilmu farmasi yang mungkin banyak orang belum tau.

Ilmu farmasi sendiri adalah ilmu yang mempelajari sturuk dari senyawa obat dan pengolahan nya agar nantinya lolos uji dan aman dikonsumsi manusia sesuai standar kelayakan. Dalam ilmu farmasi juga memberikan ilmu tentang takaran penggunaan obat yang aman bagi semua mahluk hidup, diantaranya manusia.

Jika menjadi apoteker diremeh kan sebenarnya seorang apotek memiliki peran penting dalam racikan obat dan juga dosis yang tadinya diberikan oleh dokter lalu diracik oleh seorang apoteker. Dan memang kenyataanya apoteker menjadi pekerjaan yang mainstream bagi para lulusan ilmu farmasi di Indonesia. Namun kali ini kita akan memberi tau peluang kerja lain yang bisa kamu cob ajika kamu memiliki ijazah ilmu farmasi.

Berikut adalah 5 pilihan karir untuk lulussan ilmu farmasi :

·     Bekerja di Lembaga pemerintah
Betul, kamu bisa banget bekerja di Lembaga pemerintahan. Karena pemerintah memiliki Lembaga resmi yang mengurus pelegalan obat dan makanan atau disingkat BPOM. Hal ini tentunya bisa kamu jadikan sebagai prospek kerja jika memang ingin bekerja dibawah pemerintahan. Selain BPOM Lembaga pemerintah yang membutuhkan Lulusan ilmu farmasi adalah Badan penyelenggara jaminan kesehatan atau disingkat BPJS. Untuk yang bekerja di BPOM rata-rata gaji yang diterima pada kisaran 3 juta ke atas tiap bulannya. Sedangkan bekerja di BPJS bisa mendapatkan gaji kisaran antara 2,5 hingga 16,5 juta, tergantung jabatan yang di duduki.

·     Industri Farmasi
Pekerjaan yang sangat favorit bagi lulusan ilmu farmasi adalah bekerja di bidang farmasi industri ini. Berawal dari proses pengabdian terlebih dahulu di bidang industri. Seperti halnya dalam bidang obat, makanan, minuman, dan kosmetik. Umumnya nantinya kamu ditempatkan pada bagian research and development. Yang bertugas menentukan racikan, teknik pembuatan dan menetukan spesifikasi bahan bahan baku yang akan digunakan dalam pembuatan sebuah obat. Pekerja farmasi industri menerima gaji per tahun mulai dari Rp.47.487.000,00 sampai dengan Rp.86.071.000,00. Pantas saja membuat para lulusan farmasi ingin bekerja didalam industry farmasi.


Pegawai Negri Sipil (PNS)
Untuk kamu lulusan ilmu farmasi yang ingin menjadi PNS tentunya bisa. Karena Pemerintah membutuhkan tenaga penyuluh kesehatan. Yang tugasnya adalah memberikan sosialisasi kesehatan kepada masyarakan serta mengedukasi program gaya hidup sehat kepada masyarakat. Gaji yang kamu dapatkan jika kamu menjadi Penyuluh kesehatan mulai dari 3 jutaan


Terapis kecantikan
Profesi ini sedang banyak dibutuhkan saat ini. Karena banyak klinik kecantikan swasta yang sedang ekspansi besar keseluruh Indonesia. Biasanya mereka membutuhkan tenaga dari lulusan ilmu farmasi, pekerjaanya pun ada yang fulltime dan ada juga sampingan atau freelance. Gaji yang ditawarkan tergantu seberapa lama jam kerja anda di klinik kecantikan, untuk kisarannya mulai dari 2,5 juta hingga 4 juta

Farmasi Manajemen
Bidang manajemen juga merupakan prospek kerja jurusan farmasi. Manajemen yang dimaksud disini adalah pimpinan yang memiliki tanggung jawab atas berjalannya perusahaan. Namun untuk menjadi manajemen farmasi tentunya pengalaman yang lama sangat dibutuhkan.Rata-rata gaji yang diterima per bulan sebesar 6 juta.


You Might Also Like

0 comments

Hi... Terima kasih sudah berkunjung ke blog ini. Mohon untuk tidak menggunakan seluruh artikel, foto dan video dalam blog ini tanpa izin. Silakan tinggalkan komentar kamu ya..

Enjoy the blog :)