Ini Dia Syarat Mendapat Kartu Pra Kerja

12/12/2019 11:52:00 AM

Ketika awal di umumkannya program yang akan dibawa Jokowi periode 2019 – 2024, masyrakat Indonesia menyoroti program pemberian kartu pra kerja. Dimana Para orang yang belum bekerja akan di training sesuai dengan bidang yang ingin mereka dalami, namun setelah training mereka akan diberi insentif berupa uang hingga pemilik kartu pra kerja ini mendaptatkan pekerjaan. Tentunya nantinya aka nada syarat untuk mendapatkan kartu pra kerja ini. Berikut adalah syarat mendapatkan kartu pra kerja dari pemerintah.

Sebelum membahas syarat mendapat kartu pra kerja, kontroversi pro dan kontra dari masyarakat Indonesia sangatlah beragam. Ada yang beranggapan bahwa Jokowi akan menggaji para pengangguran dan malah akan meningkatkan jumlah pengangguran di Indonesia. Terlebih rencana anggaran yang akan digelontorkan untuk memberikan 2 juta keping kartu pra kerja ini senilai 10,3 triliun rupiah. Membuat semakin banyak komentar masyarakan yang kontra akan kebijakan ini dan juga beranggapan akan membebani APBN.

Namun banyak yang tidak mengerti proyeksi dari Pemberian kartu prakerja ini adalah pemberian bekal untuk mereka mendapatkan kerja bukan malah membuat mereka tidak bersemangat untuk bekerja. Pemerintah tidak memilih siapa saja 2 juta penerima itu tapi hanya menentukan eligibilitasnya saja. Jadi sama seperti beasiswa, boleh ambil beasiswa, tidak ambil juga boleh. Tapi kalau mau dapat beasiswa ada kriterianya, kalau mau ambil Kartu Pra-Kerja berarti sama saja seperti pengambilan beasiswa kurang lebihnya.

Waktu training tiga bulan dan mendapat sertifikat dan tiga bulan setelah training mereka pemegang kartu pra kerja akan mendapat insentif selama tiga bulan. Untuk mereka yang sudah bekerja perlu meningkatkan keterampilan (upskilling) agar dapat memiliki karir atau dapat berganti pekerjaan yang lebih baik. Mereka yang mengikuti upskilling mendapat pelatihan selama dua bulan lagi dan insentif selama dua bulan.

Setelah membahas mekanisme Kartu pra kerja tentunya akan ada syarat yang sebagai mana tadi disebutkan kurang lebih sistemnya seperti beasiswa. Diamana semua orang bisa mendapatkan kartu pra kerja namun ada beberapa syarat juga yang harus mereka lengkapi, Berikut adalah syarat dan juga alur untuk mendapatkan kartu pra kerja :

Syarat untuk mendapatkan kartu Pra-Kerja pun sangat mudah, yakni pendaftar merupakan Warga Negara Indonesia (WNI), berusia di atas 18 tahun, dan tidak sedang menjalani pendidikan apapun.

***

Alur pendaftaran

·        -  Mendaftar melalu situs resmi Kementrian tenaga kerja (Kemnaker)
Bagi para pencari kerja yang ingin mendapatkan Kartu Pra-Kerja, bisa mendaftar melalui situs Kemnaker. Di https://kemnaker.go.id/
·         
      - Mengikuti Proses seleksi via online
Pemerintah akan melakukan seleksi secara online yang nantinya hasil seleksi akan di umumkan di situs kemnaker

·    - Memilih Lembaga pelatihan
Jika sudah dinyatakan lulus dalam seleksi online maka selanjuta perlu memilih Lembaga pelatihan vokasi. Pemilihannya bisa dilakukan melalui website ataupun aplikasi yang ada di smartphone anda
·        
       - Mulai Pelatihan
Selanjutnya, peserta akan mengikuti pelatihan sesuai lembaga yang dipilih. Terdapat dua pilihan pelaksanaan pelatihan. Pertama bisa dilakukan secara tatap muka langsung.atapun melalui pelatihan online (daring) Biaya pelatihan sebesar 3 juta hingga 7 juta. Namun biaya tersebut tentunya akan di tanggung oleh pemerintah

- Mengikuti uji kompetensi
Setelah mendapat sertifikasi kompetensi. Para peserta dapat mengikuti uji kompetensi. Biayanyapun akan di subsidi dari Kartu Pra Kerja hingga 90 ribu rupiah

- Mendapat insentif
Peserta akan mendapat insentif persiapan melamar pekerjaan. Insentif yang diberikan sebesar 500 ribu.

- Memberi penilaian dan evaluasi
Peserta harus memberikan penilaian dan evaluasi terhadap proses pelatihan yang telah diikuti.
         
- Mengisi survei

Terakhir peserta harus mengisi survei pekerjaan, dilakukan secara periodik.
Hal tersebut untuk mendapat data mengenai status peserta sudah mendapat kerja atau belum.



You Might Also Like

0 comments

Hi... Terima kasih sudah berkunjung ke blog ini. Mohon untuk tidak menggunakan seluruh artikel, foto dan video dalam blog ini tanpa izin. Silakan tinggalkan komentar kamu ya..

Enjoy the blog :)