Mau bikin paspor untuk anak? cek syaratnya yuk!

12/12/2019 12:03:00 PM

Jalan jalan keluar negri sepertinya sudah menjadi pilihan bagi beberapa keluarga. Bukannya tidak cinta dengan destinasi wisata di Indonesia, namun harga tiket pesawat dalam negri yang gila gila an mahalnya membuat banyak dari kita memilih untuk berlibur ke luar negri. Meski biaya hidup memang relative lebih mahal jika berlibur keluar negri, namun harga tiket pesawat dalam negri yang menjulang tinggi menjadikan kita berfikir kenapa ga sekalian keluar negri aja. Bahkan tiket keluar negri banyak yg jauh lebih murah ketimbang tiket berpergian di dalam negri, sungguh ironis. 

Tetapi kendala jika ingin berlibur keluar negri membawa buah hati, tentunya kita juga harus mempersiapkan paspor untuk buah hati kita. Banyak yang masih awam dan belum tau bagaimana cara dan syarat pembuatan paspor anak di 2019 ini. Padahal syaratnya hampir sama dengan pengurusan paspor untuk orang dewasa, namun memang belum banyak sosialisasi yang dilakukan imigrasi terkait info berkas yang perlu di siapkan. 

Proses pembuatan paspor untuk anak di 2019 ini sebenarnya sudah sangat mudah. Asalkan persyaratan bisa dilengkapi, kamu sudah bisa membuatkan paspor untuk buah hati kamu. Berikut adalah cara dan syarat pembuatan paspor anak di 2019 yang harus kamu siapkan :


· WNI

- Akta kelahiran anak atau surat baptis (asli & fotokopi A4)
- E-KTP kedua orangtua (asli & fotokopi A4) 
- Kartu keluarga yang memuat nama anak (asli & fotokopi A4) 
- Akta perkawinan/buku nikah kedua orangtua 
- Paspor kedua orangtua jika ada (fotokopi berwarna) 
- Materai Rp6.000 untuk menandatangani surat pernyataan orangtua 
- Apabila orangtua telah bercerai, wajib melampirkan akta perceraian dan surat penetapan hak asuh dari pengadilan 
- Jika telah mengganti nama, wajib melampirkan surat penetapan ganti nama 
- Surat kuasa bermaterai jika salah satu orangtua tak bisa hadir


· Memiliki dua kewarganegaraan

- Paspor kedua orangtua
- E-KTP orangtua WNI 
- KITAS orangtua WNA 
- Kartu keluarga 
- Buku/akta nikah orangtua 
- Akta lahir anak 
- Surat keterangan anak berkewarganegaraan ganda dari Dukcapil
- Sertifikat pendaftaran anak berkewarganegaraan ganda dari imigrasi sesuai domisili


· Adapun syarat pembuatan paspor jika anak berpergian keluar negri tanpa didampingi keluarga

- E-KTP kedua orangtua atau surat keterangan pindah ke luar negeri
- E-KTP orang yang akan membawa anak ke luar negeri 
- Paspor orang yang akan membawa anak ke luar negeri 
- Akta perkawinan/buku nikah kedua orangtua 
- Surat pernyataan bermaterai dari kedua orangtua yang isinya memberikan izin bagi anak untuk memperoleh paspor dan bepergian ke luar negeri bersama orang lain 
- Surat pernyataan bermaterai dari orang yang akan membawa anak berisi pernyataan bertanggung jawab terhadap keberadaan anak dan paspor yang dimilikinya, keberangkatan, dan kepulangannya ke Indonesia.

Perlu teman-teman ketahui semua syarat pembuatan paspor untuk anak diatas harus difotokopi di kertas A4 jika dokumennya tidak sebesar kertas A4 sampaikan saja ke tukan foto copy untuk men zoom in nya. Untuk surat pernyataan formulirnya bisa anda dapatkan di kantor imigrasi.

Begitu sesampainya di imigrasi serahkan semua berkas yang dibutuhkan untuk membuat paspor anak kepada petugas. Kemudian kamu akan disuruh untuk mengisi formulir data anak dan surat pernyataan orang tua, oh iya disini kamu harus persiapkan membawa materai 6000 karena surat penyataan orang tua wajib bermaterai. Setelah kamu isi dan diserahkan kepada petugas kamu dan buah hati akan diminta menunggu panggilan untuk wawancara dan juga foto paspor.

Kurang lebih sama saja bukan proses pembuatan paspor untuk anak dengan pembuatan paspor untuk dewasa. Perbedaan hanya di surat pernyataan orang tua saja. Nah setelah memiliki paspor tentukan destinasi wisata luar negri kamu ya.

You Might Also Like

1 comments

Hi... Terima kasih sudah berkunjung ke blog ini. Mohon untuk tidak menggunakan seluruh artikel, foto dan video dalam blog ini tanpa izin. Silakan tinggalkan komentar kamu ya..

Enjoy the blog :)